Seorang sahabat yang membuat ku merasa malu

Assalamu'alaikum wr wb

Teman teman ku sekalian 😊 ini adalah cerita ku bersama salah satu sahabatku katakan lah dinamakan inisial L, aku mengenal L sekitar tahun 2011 dimana saat itu aku dikenalkan oleh sahabat ku yang lain ketika saat itu kami sedang jalan jalan bersama. Saat itu kami sedang makan bakso dan sahabat ku lah yang memanggil L untuk datang ke Warung bakso tersebut, sekalian makan dan mengenal kan L kepadaku, kami bersalaman dan menyebutkan nama masing-masing..

Fast judge! Itu lah yang langsung dilakukan oleh anak muda yang tidak tahu apa-apa soal siapa lawan bicara kita, analisa spontan yang sangat sok tau dan menilai seseorang jauh terlalu cepat "pendiam, matanya sembab, penampilan biasa biasa aja, hanya orang orang biasa yang sering ditemui dimana mana" itulah yang dilakukan oleh anak muda yang sangat sok tahu sekali sepertiku di saat umur segitu 😂😂

Singkat kata kami sudah mulai lama saling kenal dan aku lihat bahwa L tidak banyak bicara, namun sangat menjaga tutur katanya, L tidak pernah memarahi, atau menunjukkan suatu perilaku yang tidak enak ketika melihat kelakuan ku yang seliweran, iseng, yang aneh aneh itu lah.. Lucunya sesekali L juga suka ikut ikutan gila gilaan bersama aku dan sahabat ku, L juga orang yang lucu ternyata, namun kepribadian nya sangat lah sederhana, mulai ku kenal siapa itu L.. Belakangan aku juga mulai tahu kalau ternyata L agama nya cukup baik, ya.. Cukup.. Itu lah kesan awal yang aku tahu.. Singkat kata, ternyata 2 tahun kemudian ternyata L menikah, dan aku dapat undangannya.. Lama tidak bertemu L tentunya membuat aku kangen juga sama L yang sifatnya sangat mengapresiasi orang lain..

Pagi itu aku sampai di sebuah masjid tempat dimana L akan melakukan akad nikah.. Aku mencari L namun ia belum nampak.. Jadi aku menunggu aja sampai L keluar, meja akad nikah sudah ada, puluhan saksi juga sudah berdatangan, penghulu juga sudah tiba, dan tiba tiba muncul lah L..
Wah.. L gagah sekali, dia sudah memakai baju muslim yang rapih untuk akad nikah nya, tapi kali ini aku melihat wajah dari kejauhan L berbeda sekali dengan L yang 2 tahun yang lalu, raut mukanya serius, mantap, dan tidak ada keraguan... Seperti seorang pemimpin yang sudah siap memimpin pasukan nya untuk berperang, berbeda dengan 2 tahun yang lalu L yang ekspresi nya santai dan suka melawak, namun tidak banyak bicara..

Akad pun dimulai, sejumlah kata dan janji suci diucapkan, namun MC pernikahan mengatakan "inilah sebuah hadiah persembahan dari L untuk calon istrinya" wah.. Aku udah mengira ngira, apa ya hadiah nya? Uang kah? Mobil? Emas? Atau entah apa itu? "Hadiah nya adalah sebuah surat Alquran, yaitu surat ***** (aku juga lupa nama suratnya)" aku langsung terkejut! Surat?!! Yang bahkan aku hampir tidak pernah mendengar nama dan judul surat apa itu... L duduk depan calon istrinya dan membacakan surat Alquran suci tersebut, dan apa yang terjadi, aku merasa terpukul!!! Aku merasa malu!! Aku merasa menyesal!! L!! Membaca surat Alquran tersebut dengan nada yang saaanggaaatttt indah!! L membaca surat tersebut dengan sangat hati hati! Tidak perlu menjadi seorang ahli kitab untuk mengatakan bahwa ia telah mempelajari Alquran sejak lama! Semua penonton dan saksi pun menjadi diam, menjadi ikut khusyuk, surat ini pun termasuk surat yang cukup panjang, dan membuat ku terus malu.. Ya Allah.. L yang selama ini aku suka isengin, L yang selama ini suka aku becandain, L yang selama ini aku anggap orang biasa saja, ternyata mampu melantunkan ayat suci Alquran dengan sangat khusyuk dan, ternyata ia adalah seseorang yang ibadahnya sangat lah baik.. 

Berbeda sekali dengan anak muda zaman sekarang pada umumnya, ya seperti aku ini, tahu sedikit sudah banyak bicara, benar sedikit sudah berdebat, beribadah sedikit langsung merasa paling suci, ya Allah... L tidak banyak menghakimi orang lain, tidak berperilaku seperti ustad juga jika tidak ditanya atau diminta, L berperilaku seperti orang normal, L juga tidak berpenampilan yang di lebih lebihkan supaya terlihat suci atau baik.. Sunggu pukulan buat ku bahwa orang yang aku fast judge itu adalah orang yang berilmu tinggi berperilaku baik, bahkan salah satu orang yang paling baik yang pernah aku kenal..

Diam, pintar, berilmu tinggi, sederhana, suka membantu, tidak menghakimi, mengapresiasi, tidak menceramahi, tidak menggurui, pendengar yang baik, perhatian.. Itulah L

Terima kasih untuk L dan Allah SWT karena sudah memberikan ku pelajaran dan koreksi terhadap diri sendiri, bahwa betul peribahasa padi, semakin berisi semakin merunduk..

Wassalamualaikum wr wb

No comments: