Belajar hijrah dan speaking

Assalamualaikum wr wb
Sungguh kemarin adalah hari yang cukup banyak berarti bagi saya karena sebenernya saya datang ke sebuah acara yang berjudul Ramadhan inspiring series by maxima, awalnya hanya untuk mengisi waktu sekaligus ingin bertemu kawan kawan saya yang hebat dan sukses dari FIM (forum Indonesia Muda), dan awalnya saya berfikir mungkin acara ini hanyalah acara yang membahas hanya tentang Ramadhan, mengaji dan ini itu, tapi ternyata ilmunya bagus banget yang tentunya saya g bisa share disini seluruhnya karena sebaiknya Anda datang sendiri ke seminar tersebut jika Anda ingin tau apa sih ilmu yang sangat berharga tersebut..

Singkat saja, saya ingin mengulas balik apa yan sudah saya dapat karena beginilah cara saya belajar walau tanpa kelas tanpa dosen..

Berawal mula dari sebuah hal yang dinamakan hijrah.. Yaitu bisa dibilang seperti berpindah ke tempat yang lebih baik.. Konsep berpindah dalam Islam adalah bagaimana kita berpindah dengan target dan totalitas untuk menjadi lebih baik lagi.. Selama ini.. Saya menyaksikan banyak sekali orang yang tadinya mungkin ingin hijrah, hijrah apa? Yaa bisa seperti hijrah dari tempat kerja nya, hijrah dari lingkungan nya, hijrah dari pemikirannya, hijrah kepada hal yang sifatnya sudah bukan dari "a - z" lagi.. Tapi dari "a, menuju a" yang baru.. Atau perumpamaan nya seperti bukan langit dan bumi lagi, tapi sudah berbeda planet..

Kesungguhan orang dalam berhijrah sangat lah penting, mempunyai target dan perhitungan sendiri karena nanti pastinya bakal banyak banget hal yang menghambat kita untuk berpindah karena lingkungan atau tempat sebelum kita berhijrah baik itu pemikiran ataupun tempat tinggal akan menahan kita..
Hal hal kayak gini yang mungkin harus saya coba terapkan, yaitu untuk mendobrak pemikiran yang negatif menuju hal yang positif agar dunia saya tidak lagi sama.. Bayangkan kekuatan berhijrah itu sangat besar.. Sebuah kata makna yang besar sekali, bukan hanya seperti pindah kamar atau pindah tempat kerja tapi sudah berpindah dunia, jadi ibarat nya udah g ada jalan untuk pulang kembali atau ke jalur lama.. Sehingga ketika kita memutuskan untuk pindah ke tempat kerja yang baru, maka harusnya Anda berhijrah ke sebuah tempat yang mungkin dulu di tempat kerja sebelumnya Anda dibayar lebih sedikit dengan lingkungan kerja yang saling salah menyalah, saling membela pendapat masing masing menjadi sebuah tempat yang Anda dibayar dengan upah yang lebih besar, dengan lingkungan yang tidak salah menyalah, penuh kejujuran dan solid.. 

Itu mungkin sedikit yang bisa saya share soal hijrah hehehe maap nih ya kalau pembaca merasa saya ada yang salah atau menyinggung, boleh sampaikan langsung pada saya..

Nah yang kedua adalah public speaking... Aduhh entah kenapa saya kaget banget karena ini adalah salah satu pembahasan yang sangat penting jika kita ingin menguasai bidang komunikasi dan ingin menjadi pemimpin yang dapat berkoordinasi dengan jelas kepada para pengikutnya... Materi ini dibawakan oleh dua orang, satu adalah sahabat saya sendiri Mas Tio, dan satu lagi adalah sahabat lama sekaligus guru saya yaitu rona yang menyampaikannya lewat dongeng.. Ternyata public speaking adalah sebuah ilmu dengan banyak teori dan teknik namun cara menyempurnakan ya hanya ada 1 cara yaitu berlatih.. Berlatih dimana? Dimana saja.. Jam terbang pun sangat berpengaruh..

Public speaking bukan artinya kita harus menjadi artis atau seorang orator.. Tapi public speaking ini adalah salah satu media yang sangat efektif bagi saya untuk menyampaikan pesan saya kepada seluruh para pendengar.. Karena saya Basic nya adalah orang introvert, yang mungkin dulu adalah orang yang pemalu, g berani mengutarakan pendapat, g berani berkenalan pada orang asing, namun dengan keberanian seperti public speaking ini yang awalnya saya hanya bisa berpikir sampe pusing sendirian tentang pemikiran saya, tapi sekarang saya bisa menyalurkan pesan dan isi pikiran saya kepada orang banyak.. 

Tolong dicatat karena amin nanti saya akan menjadi seorang Founder dan pimpinan, karena itu public speaking itu sangatlah penting.. Bagaimana kita bisa membawakan materi, bagaimana kita membuat orang orang mengerti dengan sekali bicara, bagaimana dapat memotivasi para Staff dan karyawan, hingga mereka bertanggung jawab pada pekerjaannya.. Di acara sendiri entah kenapa saya maju ke depan panggung sampe 3-4x -_- haduh ya itu lah mereka para sahabat saya yang suka iseng, saya di isengin buat naik panggung disuruh memperagakan ekspresi kapten tsubasa, disuruh memperagakan salam hewan yang saya usulkan, sampe akhirnya mendongeng juga.. Ya Allah -_-... Tapi saya sangat senang karena itu adalah media saya untuk berlatih.. Bagaimana Anda di suruh maju kedepan, bicara lantang tanpa rencana, dan Anda harus berani.. 

Saat Saur tadi saya melihat di TV banyak sekali artis yang mempergunakan skil public speaking mereka ini dengan kurang tepat, karena mereka hanyalah melawak dengan makna yang kosong dan tidak bermanfaat, menghina, membicarakan orang lain, berdusta, itulah pekerjaan mereka, melawak itu baik menurut saya, dan sangat efektif untuk menyampaikan pesan terutama untuk Indonesia yang suka sekali dengan lawakan, tapi saya jadi membayangkan, seandainya para pelawak dan ahli public speaking itu dapat menggunakan skil nya dengan lebih bijak, pastinya akan sangat berarti bagi orang lain..

Saya adalah pemimpin, komunikasi adalah salah satu pilar terpenting..

Wassalamualaikum wr wb 

No comments: