I gonna fly, pendidikan itu lebih luas

Ketika semua orang percaya pada sebuah mitos ketika kita tidak sekolah maka kita tidak akan sukses, ketika kita tidak sekolah maka kita tidak dapat maju, ketika kita tidak sekolah maka akan berhenti lah kehidupan untuk kita,

Aku adalah mungkin salah satu makhluk yang ingin memutarkan jarum jam ke arah sebaliknya, melawan arus, dan memilih untuk menutup kuping untuk kata kata mereka untuk menerjang sebuah ruang gelap yang hanya sedikit sekali orang yang memasukinya di dunia ini.. Ya... Tidak sekolah

Sebuah lilin terang yang aku bawa hanya lah hobi, untuk menembus ruang gelap yang mereka katakan itu, dan memang benar ketika aku memasuki ruang tersebut, ternyata ruangan ini luas, dan sepi, aku baru tau, inilah sebuah ruangan bebas ketika pikiran kita bebas berpikir, tidak harus sama dengan orang lain, tidak ada yang membatasi, menghujam, ruang untuk berkarya sebebas bebasnya, dengan orang orang yang luar biasa didalam nya...

Orang banyak menganggap lingkungan tidak sekolah ini adalah suatu hal yang tabu, karena dianggap tidak memiliki masa depan dan arah yang jelas, sementara ketika aku tidak sekolah, aku malah bingung, karena ini lah sebenarnya tempat untuk belajar yang sesungguhnya, aku bertemu dengan banyak pakar, aku bisa bertanya apa saja seenak ku, aku dapat mengambil banyak ilmu yang tidak di dapat di sekolah, karena Guruku disini adalah orang orang yang jauh berpengalaman, dan mereka para ahli...

Kusadari mengapa kebanyakan dari mereka yang memilih untuk sekolah dengan sangat takutnya memilih hanya karena 2 hal... Takut miskin dan takut kesepian... Takut tidak memiliki sertifikat dan ijazah sekolah yang menjamin mereka untuk mendapatkan gaji yang tinggi, dan takut karena menjauh dari lingkungan sekolah yang ramai sehingga mereka tidak mempunyai teman... Padahal yang aku alami adalah, aku mendalami hobi ku dan bertemu banyak orang orang yang sama sama bergelut di bidang yang sama, aku juga mendapatkan kerja dari orang orang yang berbidang sama, dan ternyata alhamdulilah aku mendapatkan gaji yang cukup, aku tidak perlu takut untuk tidak memiliki uang, dan malah jika aku ingin belajar atau mungkin penelitian seperti apa yang dilakukan oleh orang orang kuliah. Aku juga dapat melakukannya bersama teman teman disini, guru guru yang luat biasa..

Sedangkan untuk teman teman justru aku bersyukur, karena pada banyak bidang hobi yang ku geluti ini justru malah banyak orang orang yang unik yang berjalan dengan hobi yang sama, dan mereka malah menjadi keluarga ku sendiri, banyak berbagi, banyak bersaing, saling menyemangati banyak nilai positif yang telah aku dapat disini, bukan sekedar belajar teori dan ulangan..

Aku tidak menyalahi mereka yang masuk jalur formal dan sekolah, hanya saja aku memberi clue untuk kalian yang memiliki potensi besar yang bukan di bidang formal untuk tidak memaksakan itu dan berani untuk mencoba sebuah hal baru, bukan hak aku untuk menjudge kalian yang sekolah formal? Sama, bukan hak kalian untuk menjudge kami yang berada di dunia pendidikan berbasis pengalaman dan bebas ini :)






No comments: