Smartphone Anda tidak bisa di upgrade? Tidak bisa download apps terbaru? Tahu apa arti istilah brick?

Apa itu istilah Brick smartphone?
Brick adalah sebuah istilah baru yang terjadi pada sebuah smartphone, Brick atau bata adalah sebuah fenomena ketika smartphone Anda tidak lagi dapat digunakan, bisa karena rusak, tapi juga bisa karena operating sistem smartphone Anda tidak lagi up to date sehingga smartphone Anda tidak lagi bisa mengunduh aplikasi yang baru.

Bricking bisa terjadi karena beberapa hal, yang salah satunya adalah minim nya support hardware pada smartphone, yang membuat fitur baru di os baru tidak kompatibel pada smartphone Anda, atau hal kedua adalah karena dinamis nya dan banyak nya jenis smartphone yang beredar, sehingga si pembuat os hanya membuat os untuk kompatibel di beberapa smartphone yang sudah terdaftar.

Os juga sangat terbatas, khususnya untuk android.. Bayangkan ada puluhan merk pembuat smartphone, dan setiap merk bisa membuat 3-5 lebih jenis flagship (produk unggulan) smartphone yang hadir baru setiap 6 bulan, artinya dalam 1 tahun, 1 merk bisa mengeluarkan kurang lebih 10 smartphone baru, dengan spec komponen dari pabrik yang berbeda, jeroan komponen yang berbeda, dan fitur bawaan yang beda beda, membuat android kerap kali crash, atau untuk menghindari crash pada os baru maka di buatlah istilah bricking.

Berbeda dengan Apple yang setiap tahun hanya membuat 1 jenis smartphone, dengan os iOS yang sangat terorganisir, dan menjadi mudah memaintain Iphone sebelum nya, karena itu bricking pada Iphone sangat lah lama..

Sebagai contoh adalah Samsung s4 yang produksi tahun 2013, sudah menjadi menjadi bata atau brick sejak tahun 2014 (tidak bisa upgrade android)  yang artinya Anda yang sudah beli Samsung tersebut, harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli smartphone baru, buang buang uang bukan? Hanya dalam kurun waktu 2 tahun, Samsung s4 sudah tidak bisa di gunakan..
Berbeda dengan Iphone 4s, 4s adalah produksi 2010 dan di resmikan pada 2011, namun masih support hingga sekarang iOS 9 (os Apple terbaru 2015) yang artinya Anda masih bisa memakai smartphone dari 6 tahun yang lalu itu untuk produktivitas Anda.. Itu lah keuntungan nya Anda jika cermat dalam memilih smartphone yang bricking nya lama, walau sedikit lebih mahal, namun Anda tidak kehilangan uang untuk membeli smartphone baru dan tidak membuang waktu untuk memindahkan data.

Pertimbangan saya untuk membeli sebuah smartphone adalah masa brick nya, beberapa android tidak pasti memberi masa brick nya kapan, dan tidak tahu apps android mensupport os lama nya hingga kapan, namun pada umum nya Anda dapat memakai smartphone android hanya 4 tahun, karena 1 upgrade setiap tahun dalam 2 tahun dari os pertama Anda beli, dan setelah itu para pembuat apps hanya mendukung 2 tahun os yang lalu.

Sedangkan untuk Apple, iphone terbaru Anda dijamin dapat bertahan selama 8 tahun, karena setiap Iphone memiliki rentang upgrade 1x pertahun selama 4 tahun, dan aplikasi terbaru biasanya mensupport iOS 4 tahun ke belakang, sekarang ini di iOS 9, aplikasi masih banyak yang support iOS 5.1.1. Os untuk Iphone 3 dan 3GS, jadi masa brick Anda pada Iphone akan sangat sangat lama, dan Anda tidak perlu buang uang dan waktu hanya untuk membeli Iphone terbaru..

Maulana Malik Zoromalik

No comments: