Meninggalkan Facebook?

Facebook adalah sosial media nomer 1 terbesar didunia, hampir seluruh generasi pasti memiliki Facebook, namun seiring kebutuhan ternyata Facebook bukan segala gala nya, mengapa?

Chat bersama, upload foto, add friend teman Anda memang menyenangkan, namun dalam dunia bisnis dan pengembangan self branding ternyata akhir akhir ini tidak begitu signifikan, yang salah satu sebabnya adalah:

1. Data kita menjadi hak Facebook
Sadar atau tidak seluruh foto foto Anda seluruh chat dan status Anda adalah hak milik Facebook untuk di jual ke beberapa perusahaan yang ingin menebarkan iklan nya.

2. Data Anda tidak teroptimasi search engine.
Facebook ingin membuat sebuah digital ekosistem, yang artinya Anda membuka Facebook seperti membuka sebuah dunia baru, lain dari dunia internet, seluruh kebutuhan Anda ada di Facebook, namun nyata nya karena peruntukan nya hanya untuk sosial media, jadi membangun brand di dalam produk Facebook kurang lah baik.

3. Apps berat, boros data.
Ya memang betul, Facebook sangat membuat ketagihan, Anda jadi pengen buka lagi buka lagi, menghabiskan waktu dan tentunya uang Anda sendiri, selain menjadi berlomba lomba memamerkan diri, juga menjadi tempat yang anti sosial.

Itu lah salah satu sebabnya kenapa saya sekarang lebih suka update status di blog, karena paling tidak blog teroptimasi dan nyaman dipakai, dan sangat optimal untuk membangun personal brand dan bisnis.

Maulana Malik Zoromalik

No comments: